BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo Gelar Kegiatan Penutupan Rangkaian Pemantauan TLRHP dan Open Discussion

Gorontalo (13/12/2023) –  Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan penutupan rangkaian pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan (TLRHP) dan Pemantauan Kerugian Daerah Semester II Tahun 2023. Acara tersebut, yang juga diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Open Discussion, digelar secara hybrid di Auditorium Lantai II BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo pada Rabu (13/12).

Pada kesempatan ini, Ahmad Luthfi H. Rahmatullah, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Gorontalo, menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintah Daerah yang telah konsisten menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi dari hasil pemeriksaan BPK. Menurut Ahmad Luthfi, langkah positif tersebut akan membantu percepatan penyelesaian TLRHP dan pada akhirnya memberikan dampak positif langsung kepada masyarakat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi Open Discussion yang melibatkan narasumber berkompeten. Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, H. Sofyan Ibrahim, berbicara tentang potret pembangunan daerah dalam upaya pengentasan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja. Prof. Asna Aneta dari Universitas Negeri Gorontalo juga memberikan wawasan akademis terkait hal tersebut. Sementara Kepala Sub Auditorat Beben Adna Bokim dari BPK memberikan perspektif auditorat terkait penerapan rekomendasi.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat daerah, antara lain Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Penjabat Bupati Boalemo Sherman Moridu, Plt. Bupati Bone Bolango Merlan S. Uloli, Wakil Bupati Pohuwato Suharsi Igirisa, dan Wakil Wali Kota Gorontalo Ryan F. Kono. Tak ketinggalan, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Gorontalo Utara, Abdul Wahab Paudi, juga turut memeriahkan acara ini.

Dengan kerjasama antara BPK dan Pemerintah Daerah, diharapkan transparansi, akuntabilitas, dan efektivitas pengelolaan keuangan negara dapat terus meningkat, memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah, dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Gorontalo. (ALS)