Entry Meeting Pemeriksaan Interim atas LKPD TA 2023

Gorontalo (2/2/2024) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Gorontalo menggelar Entry Meeting sebagai langkah awal untuk memulai Pemeriksaan Pendahuluan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023. Acara ini diadakan di Auditorium Lantai 2 pada tujuh entitas di wilayah Provinsi Gorontalo.

 

Kepala Perwakilan BPK Provinsi Gorontalo, Ahmad Luthfi H. Rahmatullah, menyerahkan Surat Tugas Pemeriksaan kepada Kepala Daerah yang hadir atau yang mewakili. Rencana jadwal Pemeriksaan Interim atas LKPD TA 2023 dimulai pada tanggal 5 Februari 2024 untuk entitas Provinsi Gorontalo, Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Boalemo. Sedangkan untuk Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Pohuwato dimulai tanggal 12 Februari 2024. Apabila mengacu dengan jadwal pemeriksaan di atas, maka jadwal penyerahan LKPD Unaudited TA 2023 akan dilakukan serentak pada tanggal 28 Maret 2024.

Dalam sambutannya, Ahmad Luthfi menjelaskan bahwa Pemeriksaan Pendahuluan LKPD TA 2023 ini merupakan bagian integral dari upaya BPK dalam memastikan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi pengelolaan keuangan di tingkat daerah. Ia juga menekankan pentingnya entitas untuk merespons rekomendasi atas temuan BPK sebelumnya, yang diharapkan agar segera ditindaklanjuti oleh entitas terkait, sebagai bentuk keseriusan dalam pengelolaan keuangan daerah.

Selain itu, Kepala Perwakilan BPK tak lupa memberikan arahan kepada tim pemeriksa agar menjaga integritas, independensi, dan profesionalisme selama melaksanakan pemeriksaan. Nilai-nilai dasar BPK ini dianggap sebagai landasan utama untuk memastikan hasil pemeriksaan yang akurat, adil, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Turut hadir Pj. Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas Pemeriksaan yang akan dilakukan serta berkomitmen mendukung penuh BPK dalam permintaan data dan informasi yang dibutuhkan. Pj. Gubernur Gorontalo juga berharap seluruh jajaran Pemerintah Daerah agar mengawal Pemeriksaan LKPD TA 2023.

Pemeriksaan LKPD TA 2023 ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai pengelolaan keuangan daerah, mengidentifikasi potensi risiko, dan memberikan rekomendasi yang konstruktif untuk perbaikan. Dengan adanya komitmen bersama dari BPK dan entitas terkait, diharapkan pengelolaan keuangan di Provinsi Gorontalo dapat semakin transparan, efisien, dan akuntabel.