KICK OFF PEMERIKSAAN DAN DUKUNGAN PEMERIKSAAN TAHUN 2020

10/02/2020 – 09:27

Gorontalo, (11/1/2020)

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Gorontalo menyelenggarakan Kick Off Pemeriksaan dan Dukungan Pemeriksaan Tahun 2020. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2020 berlokasi di Gedung Pertemuan Century – Kota Gorontalo dan diikuti oleh segenap pegawai dari unsur Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional serta staf.

Mengingat akhir bulan Januari 2020 akan dilaksanakan pemeriksaan interim Laporan Keuangan TA 2019 untuk entitas di seluruh wilayah Gorontalo, Kepala Perwakilan memberikan arahan terkait pelaksanaan pemeriksaan maupun dukungan pemeriksaan. Kepala Perwakilan berpesan bahwa agar setiap pemeriksa selalu menjunjung tinggi kode etik BPK dan menerapkan nilai-nilai dasar BPK yakni Independensi, Integritas dan Profesionalisme dalan setiap kegiatan pemeriksaan.

Selain itu, Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa quality control dan quality assurance harus dijalankan secara berjenjang dan konsisten. Langkah ini harus terus dijalankan agar kualitas hasil pemeriksaan dapat meningkat dan meminimalisasi kesalahan-kesalahan yang bersifat redaksional maupun substansional.

Pemeriksaan Interim atas laporan keuangan memberikan penekanan pada pengujian atas sistem pengendalian internal. Pada pemeriksaan ini pemeriksa mereviu dan meng-update kondisi pengendalian entitas. Beberapa hasil pemeriksaan dengan tujuan tertentu dan pemeriksaan kinerja pada semester II Tahun 2019 yang relevan dengan penyajian akun-akun laporan keuangan harap dipertimbangkan dalam pengujian akun-akun tersebut.

Tidak lupa dalam kesempatan ini kepala Perwakilan menegaskan bahwa setiap prosedur pemeriksaan harus menyasar pada risiko-risiko pemeriksaan yang telah berhasil diidentifikasi dan dinilai. Pemeriksa harus dapat memberikan respon yang efektif terhadap risiko yang ada serta dapat mengumpulkan bukti yang adequate dan sufficient dalam mendukung penetapan opini. (Wrd).