Upacara Peringatan HUT BPK RI ke-75

Gorontalo – (25/01/2022), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Gorontalo melaksanakan upacara Peringatan HUT BPK RI ke-75 yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan kantor perwakilan. Upacara berlangsung di halaman kantor perwakilan.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kepala Perwakilan, Dwi Sabardiana. Pada kesempatan tersebut, inspektur upacara menyampaikan bahwa peringatan ulang tahun ke-75 disebut sebagai ulang tahun berlian. Hal ini menunjukkan bahwa BPK saat ini seharusnya menampilkan karakter organisasi pada tingkat soliditas dan kinerja tertingginya, laksana berlian.

Dwi Sabardiana selaku inspektur upacara juga menyampaikan bahwa tahun ini BPK menerima lebih dari 30 penghargaan di tingkat nasional baik untuk satker pusat maupun perwakilan. Dalam sejarah 76 tahun Persatuan Bangsa-Bangsa, baru BPK RI yang menduduki jabatan strategis sekaligus di bidang pemeriksaan, yakni Wakil Ketua BPK sebagai Vice Chairman UN IAAC (United Nations (PBB) Independent Audit Advisory Committee) yang merupakan lembaga internal Audit PBB dan Ketua BPK sebagai Vice Chairman UN Panel of External Auditor yang merupakan lembaga yang mewadahi forum auditor eksternal seluruh lembaga di bawah organisasi PBB.

Dalam upacara kali ini, juga dilaksanakan penyematan Satyalancana Karya Satya kepada pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo. Efendi Mosii menerima satyalancana atas pengabdian dalam masa kerja 10 tahun.

Setelah upacara selesai, dilanjutkan syukuran sederhana dengan pemotongan nasi tumpeng oleh Kepala Perwakilan. Potongan nasi tumpeng diberikan oleh Kepala Perwakilan kepada pegawai paling junior dan paling senior. Selanjutnya sajian sederhana nasi tumpeng dan lauk pauknya dinikmati bersama seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo.

Dirgahayu yang ke-75 Badan Pemeriksa Keuangan. Mari kita jaga dan tingkatkan komitmen, kebersamaan dan kompetensi untuk terus mendorong pengelolaan keuangan negara yang berkualitas dan bermanfaat dalam rangka mewujudkan tujuan bernegara. Untuk BPK yang lebih baik, yang tangguh dan terus tumbuh. (Dfp/Wrd)