Pusat Informasi dan Komunikasi BPK

Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) adalah unit yang bertugas melaksanakan pengelolaan dan pelayanan permintaan informasi publik dan pengaduan masyarakat. Pada BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo, layanan PIK dilaksankana oleh Subbagian Humas dan TU Kepala Perwakilan. PIK BPK Gorontalo berada di ruang lobby kantor BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo, Jalan Tinaloga no 3, Kota Gorontalo.

Pada semester I tahun 2022 ini PIK BPK Gorontalo telah terdapat kunjungan dari masyarakat untuk melakukan permintaan informasi publik dan pengaduan masyarakat. Masyarakat yang berkunjung terdiri dari siswa, mahasiswa, media pers, Lembaga pemerintahan dan swasta dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kunjungan Masyarakat, LSM, dan Media ke PIK BPK Provinsi Gorontalo

Kunjungan masyarakat yang datang diterima dengan baik oleh petugas di ruang PIK BPK. Petugas PIK memberikan pelayanan yang ramah dalam merespon secara cepat dan akurat untuk pelayanan pemberian informasi publik dan penerimaan pengaduan masyarakat. Petugas PIK menjelaskan persyaratan dalam permohonan informasi publik maupun pengaduan masyarakat. Selanjutnya Petugas PIK akan memastikan obyek informasi publik yang dimintakan serta memastikan  informasi pengaduan terkait kronologi kejadian secara jelas (apa, siapa, kapan, di mana dan bagaimana kejadian yang diadukan terjadi) dan ketersediaan Melampirkan bukti awal pendukung pengaduan yang relevan dan memadai (misal: fotokopi dokumen, foto, atau barang lain yang dapat memperkuat uraian pengaduan yang disampaikan).

Selain itu petugas PIK juga mensosialisasikan langsung tentang media E-PPID kepada pemohon informasi publik atau masyarakat yang menyampaikan pengaduan. Masyarakat dapat menyampaikan permohonan informasi publik atau menyampaikan pengaduan melalui website BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo atau langsung pada link https://gorontalo-ppid.bpk.go.id/. Layanan pada E-PPID lebih mudah diakses masyakat karena dapat dilakukan tanpa harus hadir langsung ke Pusat Informasi dan Komunikasi BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo.

BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo terus berupaya untuk mewujudkan transparansi informasi publik agar dapat selalu memberikan manfaat bagi rakyat Gorontalo.