Sosialisasi Kearsipan

Pada tanggal 26 Mei 2015 bertempat di Ruang Rapat Kepala Perwakilan BPK Provinsi Gorontalo dilaksanakan Sosialisasi Kearsipan.  Narasumber pada sosialisasi kali ini adalah Biro Umum BPK RI,dan diikuti oleh beberapa pegawai sebagai perwakilan dari setiap sub bagian yang ada di BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo.

Adapun kegiatan ini ditujukan untuk mensosialisasikan pengaplikasian berbagai teknik sistem penataan berkas, menjelaskan prosedur penataan dan penyimpanan arsip, tata cara peminjaman arsip, prosedur perawatan dan pengamanan arsip, serta preservasi dan konservasi arsip. Dijelaskan bahwa pengarsipan yang baik akan berguna untuk mendukung proses pengambilan keputusan, menunjang proses perencanaan, mendukung pengawasan, sebagai alat pembuktian, dan mendukung memori organisasi.

“Pemerintahan tanpa arsip ibarat tentara tanpa senjata, ibarat dokter tanpa obat, ibarat petani tanpa benih, ibarat tukang tanpa alat”. Kalimat inilah yang diucapkan oleh Presiden Panama, Ricardo J. Alfaro dalam pertemuan Society of America Archivist tahun 1937, dan saat ini merupakan salah satu kebijakan kearsipan pada lembaga public.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan pegawai BPK Perwakilan Provinsi Gorontalo mampu mengaplikasikan penataan, penyimpanan hingga konservasi arsip yang baik.